Bau Badan? Inilah Fakta - Fakta Menariknya yang Harus Kamu Ketahui

Percaya atau tidak, bau badan telah menjadi momok bagi sebagian besar orang. Faktanya, urusan yang satu ini tak hanya menganggu kenyamanan orang di sekitarnya tapi juga bisa mengurangi rasa percaya diri penderitanya.  Bau badan disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Pada beberapa orang yang memiliki kandungan lemak lebih banyak, keringat yang keluar akan memiliki bau lebih menyengat dibandingkan biasanya.

Bau Badan? Inilah Fakta - Fakta Menariknya yang Harus Kamu Ketahui - Percaya atau tidak, bau badan sudah jadi momok bagi sebagian besar orang. Faktanya, urusan yang satu ini tak cuma menganggu kenyamanan orang di sekitarnya tetapi termasuk sanggup
kurangi rasa yakin diri penderitanya.

Bau badan disebabkan oleh keringat yang bercampur bersama bakteri. Pada sebagian orang yang punyai persentase lemak lebih banyak, keringat yang muncul dapat punyai bau lebih menyengat dibandingkan biasanya.

Faktor Penyebab Bau Badan

Beberapa perihal yang berperan pada kejadian bau badan adalah sebagai berikut:

‪Banyaknya daerah-daerah lembap pada tubuh

Keringat yang muncul di daerah lembap lebih susah kering, supaya dapat terbendung dan sebabkan bau badan‬. Beberapa daerah lembap di tubuh, pada lain ketiak, lipatan paha, lipat payudara, atau perut yang posisinya tersembunyi.

Iklim yang lembap

Semakin lembap iklim, keringat jadi susah untuk kering. Hal ini sebabkan bakteri jadi gampang produksi keringat hingga mengeluarkan bau tidak sedap.

Aktivitas berlebih

Segudang aktivitas, terlebih yang dilakukan di luar rumah, sebabkan Anda gampang berkeringat. Jika keringat ini tidak dikeringkan bersama baik dan benar, bukan tidak mungkin bau badan dapat muncul kemudian.

Makanan dan minuman

Brokoli, kol, kubis, bawang, dan minuman beralkohol adalah sebagian misal makanan dan minuman yang sanggup sebabkan bau badan.

Genetik

Salah satu suasana genetik yang sanggup sebabkan bau badan adalah hiperhidrosis. Kondisi ini sebabkan seseorang mengeluarkan keringat berlebih, supaya berisiko tinggi untuk punyai bau badan tidak sedap.

Obat-obatan yang dikonsumsi

Beberapa jenis obat-obatan anti-depresan sanggup menaikkan produksi keringat. Ini artinya obat-obatan berikut secara tidak langsung beperan pada terjadinya bau badan.
Mengatasi Bau Badan

Untuk menghindar bau badan, Anda sebaiknya mandi setidaknya dua kali sehari. Saat mandi, pastikan Anda membersihkan bagian lipatan tubuh seperti ketiak, lipat paha, lipat perut, lipat payudara dan lainnya.

Selain itu, Anda pun sebaiknya memanfaatkan pakaian yang longgar dan gampang menyerap keringat, deodoran yang mempunyai kandungan anti-perspirant, dan merawat berat badan selamanya pada porsinya.

Jika setelah melaksanakan tindakan pencegahan bau badan tetap saja terjadi, jangan ragu untuk langsung mendatangi dokter. Faktanya, bau badan termasuk sanggup disebabkan oleh penyakit tertentu.